• Minggu, 27 November 2022

BLACKPINK dan BTS Jadi Yang Terdepan Kenalkan Hanbok Sebagai 'K-Pop Must Have Item'

- Selasa, 13 September 2022 | 22:07 WIB
Jisoo BLACKPINK Geumungo (YG Entertainment)
Jisoo BLACKPINK Geumungo (YG Entertainment)

Hanbok yang hanya dikenakan pada hari libur telah menjadi fashion wannabe di belantika K-pop, pada masa kejayaannya. Karena grup K-pop seperti BLACKPINK dan BTS membawa image hanbok dengan berbagai cara, tidak hanya kepada publik domestik Korea tetapi juga juga perhatian penggemar global semakin mengenal indahnya hanbok.

BLACKPINK, yang baru-baru ini merilis MV dari lagu pra-rilis Pink Venom menjelang perilisan album full-length kedua "BORN PINK," juga menunjukkan berbagai fashion hanbok yang telah dimodifikasi. Jisoo, yang muncul di scene pembuka, tampil dengan busana hanbok termodifikasi yang misterius saat memainkan geomungo, dan Jennie juga tak kalah menarik perhatian dengan menghadirkan gaya rambut yang menginterpretasikan ulang gaya Korea Gachae secara modern.

Jennie BLACKPINK Hanbok (YG Entertainment)

BLACKPINK telah membuat perbedaan yang hanya dapat dilakukan oleh grup K-pop, seperti mereformasi hanbok atau memasukkan elemen oriental ke dalam mode, memacu aktivitas global dalam beberapa tahun terakhir. Secara khusus, mengenakan hanbok telah menjadi topik hangat, terlebih saat gaun tradisional tersebut dimodifikasi menjadi crop-tee pada saat masa promosi "How You Like That". Saat itu, para anggota mengenakan jeogori dengan pola tradisional Korea dan rok hanbok untuk menonjolkan keindahan hanbok. Jisoo juga memperhatikan detail selain kostum, seperti mengukir Hunminjeongeum pada nail art-nya.

Hanbok pada How You Like That (YG Entertainment)

Grup lain, BTS, yang memimpin dalam mempromosikan hanbok ke seluruh dunia, memilih kostum hanbok yang mereka kenakan di panggung "IDOL". Saat mereka ditanya, "Apa pakaian favoritmu dari konser?" Suga menjawab, "Hanbok terlihat bagus bahkan meskipun saya mix and match dengan setelan jas,". RM juga memperkenalkannya sebagai "Hanbok itu unik untuk Korea."

BTS memakai Hanbok (HYBE)
Kecintaan mereka pada hanbok berlanjut di siaran luar negeri. BTS tampil di halaman depan  Istana Gyeongbokgung dengan kostum yang diretouch dalam mode hanbok saat mereka manggung di "The Tonight Show" NBC di AS. BLACKPINK juga menampilkan stage perform yang memukau lengkap dengan hanbok yang dibentuk ulang agar sesuai dengan individualitas masing-masing anggota saat mereka pertama kali menampilkan "How You Like That" di program yang sama.

How You Like That Hanbok (YG Entertainment)

Desainer Hanbok Kim Dan-ha, yang memproduksi kostum BLACKPINK, muncul di acara hiburan KBS "This Days are Suspicious" pada bulan Juli dan menarik perhatian dengan mengumumkan bahwa penjualan naik 3.000-4000% karena fashion hanbok yang diperkenalkan oleh BLACKPINK. Kim Dan-ha mengatakan, "Begitu video musik BLACKPINK dirilis, teleponku berdering tanpa henti. Ini pertama kalinya sejak merek itu didirikan. Semuanya dipesan dari luar negeri," katanya, semakin yakin dengan status BLACKPINK sebagai fashion trendsetter dunia.

Bahkan, di YouTube, kita dapat menonton video dari banyak penggemar luar negeri yang melakukan cover dance K-pop dengan mengenakan hanbok modern. Vlog yang membuat custom cover hanbok yang dikenakan oleh BLACKPINK telah ditonton 5,68 juta kali, dan konten idol K-Pop yang mengenakan hanbok selain BLACKPINK juga sukses meraup ratusan atau jutaan views.

Halaman:

Editor: M Fahmi Alby

Sumber: ytn.co.kr

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Busan Nongak, Musik Petani yang Diwariskan Dari Busan

Rabu, 23 November 2022 | 14:40 WIB

Dongji, 'Little New Year's Day'-nya Korea

Rabu, 16 November 2022 | 13:30 WIB
X