Gijisi Juldarigi, Permainan Tarik Tambang untuk Mengusir Kesialan

- Kamis, 24 November 2022 | 18:58 WIB
Gijisi Juldarigi
Gijisi Juldarigi

 

 

 

Hallyuvibe - Sama seperti Indonesia, Korea Selatan juga gak kalah banyaknya jika membicarakan tentang tradisi atau kebudayaan, salah satunya adalah permainanGijisi Juldarigi” atau yang kita sebut dengan permainan tarik tambang.

Gijisi Juldarigi merupakan permainan tarik tambang yang berbentuk seperti kelabang, dipercaya dapat mengusir kesialan, bencana, serta mendapatkan panen yang berlimpah.

Menurut Encyclopedia of Korean Folk Culture, Gijisi Juldarigi berasal dari daerah Gijisi yang berbentuk kelabang setelah daerah tersebut dikutuk oleh kelabang yang berusia seribu tahun. Dan saat itu masyarakat percaya bahwa dengan memainkan tarik tambang, dengan tali tambang seperti sedang memegang pinggang dari hewan tersebut dapat menekan kekuatan dari kutukannya.

Baca Juga: Seokjeon, Permainan Pertandingan Lempar Batu dari Korea Yang Bisa Menandakan Waktu Panen

Bahkan, permainan ini menerima penghargaan sebagai properti budaya tak berwujud serta terdapat museum dan juga lapangan yang dibuatkan khusus merepresentasikan permainan Gijisi Juldarigi.

Proses pembuatan tali untuk Gijisi Juldarigi, dimulai dari mengumpulkan jerami sebanyak 3,000-6,000 mots (satuan ukuran jerami Korea) dan dilanjutkan dengan membuat tali kecil sebanyak 30 tali, tali sedang sebanyak 50 tali kecil, hingga terkumpul menjadi sebuah tali besar yang terbuat dari 3 tali sedang. Adapun tali berdiameter 3 meter, dengan panjang 120-130 meter. 

Permainan tarik tambang ini diselenggarakan setiap tahun pada awal Februari yang mana dimulai dengan pembuatan tali. Lalu dilanjutkan pada minggu kedua bulan April selama 3 hari yang mana puncak utama dari acara Festival Gijisi Juldarigi. Tahun ini, festival permainan Gijisi Juldarigi telah diselenggarakan pada tanggal 11-14 April 2022.

 

***

Kontributor: Alissa Rahmasari

 

Halaman:

Editor: Hanik Nuril Jazilah

Sumber: hapskorea.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hwaetbul Ssaum, Tradisi Perang Obor Korea

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:42 WIB

Kertas Hanji Warisan Budaya Korea

Senin, 30 Januari 2023 | 07:30 WIB
X