Dokkaebi, Cerita Tentang Goblin yang Berasal dari Korea

- Jumat, 25 November 2022 | 20:23 WIB
Goblin
Goblin

Hallyuvibe - Pernahkah kalian mendengar tentang dokkaebi? Pasti pernah, dong. Beberapa tahun yang lalu dokkaebi terkenal karena dibuat menjadi judul sebuah drama populer yang diperankan oleh Gong Yoo dan Kim Go eun. Jika kalian suka melihat kartun, dokkaebi juga muncul pada kartun Shinbi House.

Namun, apakah kalian tahu apa sebenarnya dokkaebi itu?

Dokkaebi secara sederhana dapat juga disebut makhluk halus. Dalam cerita rakyat masyarakat Korea, mereka sering menggunakan kekuatan mereka untuk berinteraksi dan menipu manusia. Dokkaebi terkenal mempunyai kepribadian yang positif dan negatif.

hanbok

Dokkaebi biasanya digambarkan dalam balutan hanbok yang berwarna-warni dan dihiasi garis-garis sederhana. Selain itu, mereka biasanya digambarkan sangat jelek dengan wajah merah, dan terkadang memiliki tanduk dan satu atau dua kaki. Mereka diciptakan dari benda mati yang telah berlumuran darah, sering muncul dari benda-benda biasa seperti sapu. 

Baca Juga: Gijisi Juldarigi, Permainan Tarik Tambang untuk Mengusir Kesialan

Berlawanan dengan kebanyakan orang yang percaya tentang dokkaebi, dokkaebi bukanlah monster yang mempunyai kekuatan supernatural. Mereka radalah roh yang membuat orang-orang bahagia. Di beberapa area di Korea, mereka dikenal membawa beberapa penyakit seperti cacar. Mereka percaya kekuatan dokkaebi dapat mengontrol semua makhluk air.

Dokkaebi sangat berbeda dengan hantu karena bukan berasal dari makhluk hidup yang telah mati, tetapi Dokkaebi berasal dari alam sebagai makhluk yang mengganggu maupun menolong orang-orang.

Ada beberapa jenis makhluk dengan berbagai penampilan dan karakteristik. Cham dokkaebi sangat nakal, sedangkan gae dokkaebi jahat. Gim seobang dokkaebi dianggap sebagai petani bodoh, nat dokkaebi adalah satu-satunya yang muncul di siang hari dan go dokkaebi adalah pejuang yang terampil dengan senjata. Juga Gaksi dan chonggak dokkaebi berpenampilan menarik bagi manusia, oenun dokkaebi hanya memiliki satu mata dan oedari dokkaebi hanya memiliki satu kaki dan paling menyukai gulat.

Halaman:

Editor: Hanik Nuril Jazilah

Sumber: mythology planet

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X