Tetap Happy Meski Jomlo Dengan Rayakan Black Day Ala Korea Selatan

- Sabtu, 26 November 2022 | 13:45 WIB
Jjajangmyeon
Jjajangmyeon

Hallyuvibe - Sebuah perayaan identik dengan kabar membahagiakan, atau merayakan suatu hal yang memiliki makna positif, contohnya hari Valentine. Namun ada yang unik dari perayaan asal Korea Selatan yang bernama Black Day.

Black Day adalah salah satu perayaan tidak resmi dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Perayaan yang satu ini diperingati setiap tanggal 14 April tiap tahun. Dengan kata lain, Black Day dirayakan 2 bulan setelah hari Valentine, dan 1 bulan setelah White Day

Apabila Valentine dan White Day merupakan perayaan tanda kasih sayang, maka Black Day adalah perayaan bagi mereka yang tidak memiliki pasangan. Oleh karena itu, beberapa orang menyebut Black Day dengan sebutan Single’s Day. Karena perayaan tersebut memang ditujukan bagi mereka yang  tidak terikat hubungan asmara dengan siapapun.

Baca Juga: Gijisi Juldarigi, Permainan Tarik Tambang untuk Mengusir Kesialan

Pada  awalnya perayaan unik satu ini adalah sebuah perayaan untuk meratapi kesendirian seseorang tanpa hubungan asmara, oleh karena itu ‘black’ yang dapat berarti sedih tersemat. Orang-orang akan menyantap makanan untuk meredakan atau menghibur diri dari kesendiriannya. 

Namun, seiring berjalannya waktu, pandangan ini berubah. Seseorang yang tidak memiliki hubungan asmara tidak lagi bersedih pada Black Day, sehingga banyak orang yang memandang Black Day sebagai sebuah perayaan, bukan sebagai hari berkabung.

Lebih lanjut, pada perayaan Black Day, akan ditemukan banyak orang yang memakai pakaian berwarna hitam atau gelap sedang berkumpul bersama, entah bercengkrama atau hanya saling sapa. Lebih lanjut, untuk merayakan Black Day tidak akan lengkap bila tidak menyantap jajangmyeon

Baca Juga: Dokkaebi, Cerita Tentang Goblin yang Berasal dari Korea

Jajangmyeon adalah mie yang disajikan dengan saus hitam, potongan daging (biasanya daging babi), dan sedikit sayuran. Makanan yang satu ini akan disajikan dengan suhu yang hangat. Berdasarkan beberapa sumber, Jajangmyeon dipilih menjadi makanan utama pada perayaan Black Day, karena Jajangmyeon disajikan dengan saus hitam. 

Halaman:

Editor: Hanik Nuril Jazilah

Sumber: 90daykorean.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kertas Hanji Warisan Budaya Korea

Senin, 30 Januari 2023 | 07:30 WIB

Gaya Umum Seni Bela Diri Tradisional Korea Selatan

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:49 WIB
X