• Senin, 28 November 2022

Bedah Teori Psikopat Dalam Drama Korea Mouse

- Selasa, 6 April 2021 | 19:47 WIB
teori psikopat drama mouse
teori psikopat drama mouse

Drama Mouse yang ditulis oleh Choi Ran ini berkisah tentang banyaknya korban-korban pembunuhan yang dibunuh dengan kejam oleh psikopat gila yang sangat membenci Tuhan. Untuk mengungkap dibalik pembunuhan tersebut, seorang detektif korea bernama Koo Moo Chi (Lee Hee Jun) bekerja sama dengan polisi bernama Jung Bareum ( Lee Seung Gi). Moo Chi sendiri merupakan anak dari korban pembantaian oleh psikopat yang terkenal dengan nama Head Hunter/Han Seo Joon. Drama Mouse ini sendiri membuka sebuah cerita seorang peneliti bernama Daniel Lee yang bisa memeriksa suatu gen psikopat janin dalam kandungan. Sehingga membuka banyak pertanyaan "mampukah sebagai orang tua bertahan dengan kekhawatiran anak dalam kandungannya psikopat atau bukan? Atau justru memilih membunuh anak kandung karena hasil 99% gen psikopat meski ada 1%nya gen genius?" Karena drama ini penuh dengan misteri soal siapa psikopat sebenarnya, banyak pula netizen yang berspekulasi dan membuat teori termasuk tim Hallyuvibe yang juga membuat teori dalam drama Mouse.

Korban Kebalikan 7 Dosa Besar

7 opposite Deadly Sins/ 7 kebalikan dosa besar ini merupakan sekumpulan korban pembunuhan yang dibunuh psikopat dengan berbagai macam cara. Namun memiliki identik yang sama yaitu jari tengah korban dipatahkan dan menunjuk arah salib. Sehingga Koo Mo Chi menganggap bahwa psikopat ini memiliki dendam terhadap Tuhan. Selain itu para korban memiliki cerita kehidupan yang berbeda dari 7 deadly sins tapi psikopat tersebut membuat cerita korban seolah dongeng anak. 
  1. Byun Soon Young (nafsu) Byun Soo Young merupakan wanita yang selama hidupnya hanya hidup untuk anaknya, simbol cerita yang ingin dibuat oleh psikopat yaitu dongeng si kerudung merah yang memiliki arti keinginan menjinakan serigala. Mayat byun soo young ditemukan dengan mengenakan topi berwarna merah. Dalam dosa yang pertama psikopat menganggap bahwa byun soo young ini merupakan manusia yang melakukan dosa karena tidak memiliki nafsu. 

  2. Park Jong Ho (kemalasan) Park Jong Ho merupakan pria yang tidak pernah berhenti untuk bekerja keras. Sehingga psikopat menganggap bahwa Jong Ho sudah melakukan dosa karena tidak memiliki rasa malas. Mayat jong ho ditemukan terdapat jangkrik yang sudah membusuk di tenggorokan. Cerita yang ingin dibangun oleh psikopat yaitu dongeng Semut dan belalang yang menceritakan kisah kemalasan belalang.

  3. Jo Mi Jung (kerakusan) Jo Mi Jung merupakan food vlogger yang mengidap bulimia. Jo mi jung ini setelah diidentifikasi mayatnya ternyata dipindahkan sejauh 10 km ke rumah kaca. Cerita yang ingin dibangun oleh psikopat yaitu Dongeng rubah dan anggur yang memiliki moral value "rubah yang rakus". Jo mi jung dibunuh karena dianggap terlalu banyak makan tapi ternyata dia muntahkan karena tidak ingin bertambah gemuk.

  4. Na Chi Kook (kesombongan) Na chi kook merupakan teman bareum yang hampir dibunuh. Kondisinya kritis dengan jari tangannya yang dipotong. Na Chi kook ditemukan setengah telanjang, psikopat ingin membangun cerita dari dongeng pakaian baru kaisar. dongeng ini memiliki moral value yaitu meledek kesombongan kaisar yang tidak sadar bahwa ia telanjang karena mabuk kekuasaan. Alasan Na chi kook dibunuh yaitu psikopat melihat interview na chi kook yang rendah hati saat menolong anak yang menjadi korban bullying. 

  5. Kim Sun Gyu (keserakahan) Korban kelima yaitu kim sun gyu yang dianggap seorang tuna wisma namun ternyata dulunya merupakan orang kaya yanag mendonasikan seluruh hartanya. Kim sun gyu ditemukan dengan kapak sebagai senjata pembunuhan. Psikopat ingin membangun cerita mengenai pemotong kayu yang jujur dengan moral value penebang kayu yang serakah yang mencoba mengambil berbagai kampak. Alasan kim sun gyu dibunuh yaitu karena menjadi manusia yang tidak serakah.

  6. Koo Moo Won (Kemarahan) Koo Moo Won merupakan kakak dari detektif koo moo chi yang juga merupakan korban dari pembunuhan head hunter. Karena pembunuhan head hunter terhadap keluarganya dan dia menjadi korban yang selamat, namun Koo mo won menjadi cacat. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjadi pendeta. Koo Mo Won dibunuh karena dianggap berdosa karena dalam wawancaranya di TV ia bilang telah memaafkan head hunter meskipun sudah membunuh kedua orang tua dan membuat dirinya cacat. Psikopat ingin membangun cerita dari dongeng The wolf & young goat. 

  7. Kim Han Kook (iri hati) Kim Han Kook merupakan anak yang muncul di TV dalam wawancara karena mencari ayahnya dan membuat banyak orang simpati terhadapnya. Han Kook diculik dengan dipancing menggunakan roti. Psikopat ingin membangun cerita dongeng hansel & gretel. Alasan kim han kook diculik dan dibunuh adalah karena memiliki dosa karena tidak merasa iri meski tau kehidupan keluarga baru ayahnya.

Sherlock Choi Hong Ju TV

-

- Ada 2 pengirim barang datang ke studio : tim Koo moo chi delivery man dan deliveryman yang disuruh killer, datang membawa file video fake hankook menggunakan topeng goatman

- Dokumen dari killer ditaruh di loker Stasiun Shimjeon

Halaman:

Editor: Shalsa Amalia

Tags

Terkini

5 Drama Korea yang Bikin Penonton Ingin Ubah Endingnya

Selasa, 22 November 2022 | 12:05 WIB

BUSTED SEASON 1: Variety Show Pertama Sehun EXO

Sabtu, 12 November 2022 | 20:00 WIB
X