• Senin, 28 November 2022

Common Rustgill, Jamur Beracun nan Mematikan

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 23:19 WIB
WhatsApp Image 2021-10-31 at 22.09.38
WhatsApp Image 2021-10-31 at 22.09.38

Meski sekilas terlihat lucu dengan warna menggemaskan, tapi siapa sangka ternyata jamur ini adalah jamur beracun yang berbahaya. Jamur kuning ini muncul di drama Mount Jiri (Jirisan) episode 3 saat tim Jagawana Jirisan menemukan tas nenek Geum-rye di tengah hutan. Penasaran seperti apa sih Common Rustgill itu?
-
Common Rustgill punya nama ilmiah Gymnopilus penetrans (Fr.) Murrill. Jamur rustgill ini biasa ditemukan di bawah tegakan pohon pinus, dan berbagai jenis tanaman konifer lainnya di Inggris dan Irlandia. Tumbuh subur di periode Juni hingga November. Jamur ini hidup bergerombol, jadi jika kamu menemukan satu, maka di sekitar itu pasti ada lagi koloninya.
-
Common Rustgill tumbuh subur di batang pohon yang membusuk, cabang yang tumbang, dan lantai hutan di mana ada jasad pohon konifer yang terkubur di bawah serasah pinus. Biji-bijian pohon konifer, serbuk gergaji atau serpihan kayu adalah makanan kesukaan jamur mematikan ini.
-

Toksisitas

Common Rustgill tidak dapat dimakan dan beracun. Tentu saja beberapa spesies dalam genus Gymnopilus diketahui sangat beracun, dan ada bukti bahwa rustgills dari bagian dunia tertentu mengandung zat halusinogen seperti psilocybin. Oleh karena itu, para ahli sepakat bahwa semua jamur dalam genus Gymnopilus harus diperlakukan sebagai jamur payung beracun. Sekedar info, Psilocybin adalah kelompok jamur yang secara alami dan dikonsumsi karena efek halusinogennya. Mereka termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai psikedelik, yang memicu perubahan persepsi, suasana hati, dan pikiran. Bahan utama dalam jamur ajaib ini adalah psilocybin. Ketika psilocybin diambil, itu diubah dalam tubuh menjadi psilocin, yang merupakan bahan kimia dengan sifat psikoaktif. Tak hanya menyebabkan efek halusinasi, jamur ini juga membawa orang yang mengonsumsinya menuju kematian. Meski secara umum tersebar luas di Inggris dan Irlandia, Gymnopilus penetrans ditemukan juga di banyak bagian lain dunia termasuk sebagian besar daratan Eropa (dari Skandinavia hingga wilayah Mediterania), Afrika Utara, dan banyak bagian Amerika Utara. Hmmm jadi ini tumbuhan asing ya, aneh juga jika ditemukan di negeri timur seperti Korea. Berbeda dengan bentuk jamur yang ditayangkan di dramanya, Common Rustgill memiliki cap menyerupai payung berwarna kecoklatan, yang hampir sama dengan warna tangkainya. Jamur yang ditampilkan di drama Mount Jiri berwarna kuning terang cap-nya, dengan batang berwarna putih, lebih mirip dengan spesies lain yaitu jamur Lion Shield atau Pluteus leoninus.
-
Gymnopilus penetrans
-
Pluteus leoninus Jika kamu suatu saat bekerja jadi jagawana di Taman Nasional atau peneliti di hutan, jangan sembarangan konsumsi jamur ya. Kalian harus berhati-hati karena tidak semua yang ada di hutan itu bisa dikonsumsi, bisa jadi menimbulkan keracunan hingga bisa menimbulkan kematian.

Editor: Administrator

Terkini

5 Drama Korea yang Bikin Penonton Ingin Ubah Endingnya

Selasa, 22 November 2022 | 12:05 WIB

BUSTED SEASON 1: Variety Show Pertama Sehun EXO

Sabtu, 12 November 2022 | 20:00 WIB
X