• Rabu, 5 Oktober 2022

Review Drama Todays Webtoon : Cerita Di Balik Dapur Produksi Webtoon

- Jumat, 23 September 2022 | 09:22 WIB
Todays Webtoon (SBS)
Todays Webtoon (SBS)

Pernah nggak sih kamu penasaran, ketika membaca webtoon dengan gambar yang begitu indah dan menguras emosi, jalan cerita yang panjang dan melodrama, ternyata itu semua berkat kerja keras para produse dan seniman yang saling bekerjasama mempersembahkan karya terbaik untuk pembaca di setiap pekannya.

Buat yang belum tau, Drama Todays Webtoon ini adalah tentang lika liku para produser webtoon yang bekerja di perusahaan bernama Neon. Drama yang dibintangi sama mbak Kim Sejeong menyajikan jalan cerita yang ringan dan segar.

Sejeong berperan jadi On Ma Eum, atlet judo yang 'resign' dan switching career jadi produser magang di Neon Webtoon. Karena ngga punya background di bidang IT, awalnya dia ngga dilirik buat diterima di Neon.

On Ma Eum, direkrut sebagai pegawai kontrak cadangan di Neon Webtoon setelah Jun Yeong. Neon Webtoon ini sebenernya udah mau bangkrut, makanya cuma dikasih jatah rekrut 2 pegawai kontrak.

Nonton drama Todays Webtoon ini penonton seperti diajak ke dapur produksinya webtoon yang jadi salah satu komoditas hiburan terpenting di Korea. Tak jarang loh drakor diangkat dari Webtoon laris, begitu juga sebaliknya.

Todays Webtoon membawa ide segar di tengah gelombang tren drama bertema Makjang dan Kriminal. Todays Webtoon sangat relate sama kamu yang suka baca webtoon, karena kita jadi tau gimana proses Webtoon itu diproduksi.

Dibalik Webtoon hebat, di belakangnya ada kerja keras produser dan seniman yang memeras otak dan keringat supaya Webtoon-nya berkualitas dan selalu tepat deadline.

Hiruk-pikuk produksi webtoon (meski tidak terlalu digambarkan secara dramatis dan detail) cukup jelas dipaparkan dalam Todays Webtoon ini. Kita juga dimanjakan dengan ilustrasi webtoon dari berbagai genre. Bikin makin cinta deh ama webtoon!

Yang agak mengganggu di drama ini selain sponsored placement nya K*piko dan Sc*rlett yang terlalu sering muncul dengan GAMBLANG, adalah kisah asmara tak perlu terjadi diantara cowok2 dengan satu orang On Ma Eum saja.

Selain itu banyak pula puzzle yang tak diselesaikan hingga Eps.16. Membuat kita bertanya-tanya, loh ini gimana loh ini kemana. Semudah itu rangkaian episode berakhir padahal jalan ceritanya masih kemana-mana.

Mungkin terlalu singkat kehidupan produser Webtoon ini jika digarap hanya dalam 16 episode saja. Konflik yang dimasukkan terlalu banyak tapi tidak saling berkesinambungan, dan tidak diselesaikan dengan tuntas.

Ketiadaan dramatisasi, konflik yang tak fokus dan terkesan terburu-buru inilah yang mungkin membuat Todays Webtoon selalu dapat rating rendah di setiap pekan. Patut disayangkan karena sebenarnya ceritanya unik dan potensial.

Jika diibaratkan dengan makanan, #TodaysWebtoon ini seperti Fried Chicken yang dijual di pinggir jalan. Tampak enak disantap namun tidak meninggalkan bekas. Disamping juga karena ditayangkan di Viu yang kurang bagus dalam promosi.

Kesimpulannya, jika kamu adalah penggemar Webtoon, drama #TodaysWebtoon ini tak boleh kamu lewatkan. Namun, jika dinilai dari segi penggarapan dan alur konfliknya, drama ini cukup diberi nilai 6/10 saja.

Editor: M Fahmi Alby

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X